Jumat, 06 April 2012

Cara mendidik anak menjadi PINTAR dan CERDAS

download animasi gratis free animation Power Point Presentasi presentation

Apa yang harus dilakukan orang tua supaya anaknya mempunyai persiapan cukup untuk masa depannya? Adalah pertanyaan yang pasti selalu timbul pada setiap orang tua. Untuk dapat bersaing dan bermanfaat dalam masyarakat nantinya, tentulah seorang anak harus memiliki kecerdasan dalam dirinya. Anak cerdas artinya anak yang lebih mudah menangkap berbagai rangsangan dari luar dirinya untuk dapat diolah menjadi bahan pengetahuan bagi dirinya, sehingga pasa akhirnya dia mampu menyelesaikan masalah, belajar dan berinteraksi dengan lingkungan. Penelitian menunjukkan bahwa faktor genetik saja tidak cukup untuk mengembangkan kecerdasan anak secara optimal, peran orang tua dalam memberikan latihan-latihan dan terus membekali anak dengan berbagai pengetahuan, informasi dan pengalaman akan mengoptimalkan perkembangan kecerdasan anak. Yang harus dilakukan orang tua di rumah:

1.   Mengembangkan rasa ingin tahu anak
Caranya, sebagai orang tua biasakan diri anda menunjukkan rasa ingin tahu kepada anak sejak kecil, sehingga sudah menjadi kebiasaan dan sifatnya menjadi anak yang kritis dan selalu ingin tahu akan hal baru, sehingga dia sendiri akan penasaran untuk mencari tahu, belajar hal-hal baru, otomatis semakin banyak yang dia pelajari dan hal ini akan membuatnya menjadi pintar. 
download animasi gratis free animation Power Point Presentasi presentation

2.   Budayakan membaca
Dengan membaca akan meningkatkan pengetahuan & perkembangan kognitif anak. Sebagai orang tua kita dapat menumbuhkan kebiasaan gemar membaca misalnya dengan mendongeng pada anak, membaca buku bersama, mengajak nak ke toko buku, memberikan buku yang menarik perhatiannya. Dan jangan memaksa tapi berilah stimulus yaitu buat anak menyadari betapa pentingnya membaca


download animasi gratis free animation Power Point Presentasi presentation

3.   Cara orang tua mendidik anak: 
·        Latih Kepercayaan diri anak. Anak yang percaya diri selalu optimis bahwa dia bisa melakukan sesuatu, akan mudah bergaul & berinteraksi dengan lingkungan, tidak takut bertanya kepada guru atau orangtua di sekelilingnya yang otomatis anak akan mendapatkan banyak pelajaran dan pengetahuan. Membuat anak menjadi pribadi yang percaya diri salah satu caranya adalah berpatisipasi dalam kegiatan olahraga maupun social, jangan sekalipun mendidik anak sehingga dia menjadi tidak PD misal mengkritik hasil karyanya bukannya memujinya adalah cara mendidik anak yang salah karena anak jadi takut melakukan sesuatu karena salah, padahal manusia yang tidak pernah melakukan sesuatu bagaimana mungkin menjadi pintar
·        Beri anak tanggung jawab. Misal: menyiram tanaman, merapikan mainan dan tempat tidur sendiri
·        Orang tua harus mengajari anaknya. Jangan lupa untuk menggunakan peralatan yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari sehingga anak tidak hanya menghafal teori
·        Jika anak bermain dengan temannya, dampingi anak anda. Lingkungan yang baik akan menciptakan pergaulan yang baik pula. Lingkungan yang mendukung jauh lebih penting dalam menentukan perkembangan kecerdasan seorang anak.

4.   Nutrisi dan gizi yang baik
Memberikan ASI, menyingkirkan makanan cepat saji, memberikan makanan yang sehat, membiasakan berolahraga.
download animasi gratis free animation Power Point Presentasi presentation

5.   Bermain musik membuat otak kanan bekerja lebih aktif sehingga pertumbuhan otak kanan sempurna, hal ini akan meningkatkan IQ dan nilai akademis anak. Menurut penelitian, bangsa Israel menjadi pintar salah satunya karena sejak dini mereka sudah dilatih konsentrasinya dengan bermain piano.

6.  Permainan edukatif akan mengajak anak untuk berpikir, meningkatkan kraivitas anak, melatih anak dalam problem solving, ketiga hal ini akan membuat anak lebih mudah menyerap dan memahami pelajaran dan pengetahuan. 


download animasi gratis free animation Power Point Presentasi presentation

Tidak ada komentar:

Posting Komentar